Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional Serabi Khas Bandung Enak Gurih

Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional Serabi Khas Bandung Enak Gurih – Kue serabi yang biasa orang menyebut dengan nama kue surabi adalah cemilan nikmat tradisional yang telah dipopulerkan di kota Bandung dan difavoritkan oleh banyak masyarakat di luar Jawa Barat bahkan tersebar hampir sebagian kota-kota besar di Indonesia. Serabi terbagi menjadi dua jenis, seperti serabi manis yang memakai bahan dasar gula jawa dan serabi asin yang menggunakan taburan oncom yang sebelumnya sudah bercampur bumbu penyedap di atasnya.

Makanan tradisional ini dapat kita temukan pada jam-jam sarapan pagi dan pedagang yang setiap harinya mangkal di pinggir jalan ini mengolah serabi dengan alat sederhana yaitu tungku sehingga memperoleh hasil serabi bercitarasa gurih dan sangat cocok sekali dengan lidah masyarakat kita pada umumnya. Nah, berikut ini yakni bahan-bahan yang dipergunakan untuk proses membuat serabi kue trdisional khas Bandung dan ikuti langkah-langkah cara membuatnya, di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional Serabi Khas Bandung Enak Gurih

Bahan membuat kue serabi Bandung :

  • 100 grm tepung terigu
  • 100 grm tepung beras
  • 50 cc air daun pandan (bisa diganti menggunakan satu tetes pewarna makanan)
  • 300 cc santan kelapa dari sebutir kelapa (diganti menggunakan santan instan)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder (bisa diganti menggunakan sesendok teh ragi)
  • 2 butir telur
  • minyak sayur secukupnya (digunakan untuk olesan)

Bahan saus serabi Bandung :

  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 500 cc santan dari sebutir kelapa (bisa diganti menggunakan santan instan)
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Tradisional Serabi Khas Bandung Enak :

  1. Pertama, campurkan tepung terigu dan tepung beras serta baking powder, kemudian letakkan ke dalam satu wadah baskom
  2. Selanjutnya, kocok telur beserta garam sampai berbuih, lalu tuang santan dan air daun pandan, kemudian aduk sampai rata. Sesudah itu tuang adonan serabi telur ke dalam campuran terigu dan baking powder sedikit demi sedikit. Uleni sampai rata dan halus, sesudah itu diamkan kira-kira sampai 1-2 jam
  3. Kemudian, panaskan wajan serabi (wajan kecil), selanjutnya olesi menggunakan minyak goreng atau margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kemudian masak adonan serabi hingga mengeluarkan pori-pori kecil di bagian permukaan atas serabi, tutup dan tunggu sampai matang. Kemudian angkat kue serabi dari cetakan dan ulangi terus menerus prosese tersebut sampai adonan kue serabi habis.
  4. Terakhir, kue tradisional serabi khas bandung siap disajikan

Mudah sekali cara membuatnya bukan? Bagi anda yang suka berinovasi dengan rasa yang lain yang sedang populer saat ini anda bisa menambahkan topping sesuai selera namun menggunakan reseb yang sama. Itu saja pembahsan tentang Cara Membuat Kue Tradisional Serabi Khas Bandung Enak Mantap, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih atas partisipasinya dan sampai jumpa dikesempatan berikutnya.

Post Comment